Ombak, Tak Hanya Surfing tapi Masa Depan Indonesia

     Assalamualaikum wr wb ,


     Pada dasarnya energi memiliki sebuah hukum kekekalan yang sudah kita kenal semenjak kita menginjak sekolah dasar, "energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, melainkan dapat diubah menjadi bentuk energi yang lain". Setelah saya menginjak perkuliahan yang berhubungan dengan kelistrikan di salah satu universitas terkenal di Yogyakarta saya mulai memikirkan secara lebih mendalam dampak-dampak yang ditimbulkan karena penggunaan energi yang ada zaman sekarang, energi yang menggunakan minyak bumi dan gas dan yang baru sekarang energi nuklir. Kedua energi tersebut memberikan dampak negatif kepada lingkungan kita, antara lain : limbah dari pengolahan kedua energi tersebut yang di olah secara kurang efektif yang mencemari lingkungan terutama lautan. Lautan yang sebenarnya memiliki peran yang penting dalam penyuplai oksigen oleh fitoplankton malah di rusak secara perlahan sedemikian rupa. 

     Lautan memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan tidak terhitung  nilainya, mulai dari flora dan fauna yang ada hingga siklus hidup yang berguna bagi kehidupan lainnya, contohnya fitoplankton penyuplai oksigen tadi hingga 70-80%. 
  • Daripada kita merusaknya dengan limbah energi kenapa kita tidak mengubah energi di laut yang ada ke dalam energi yang kita butuhkan zaman sekarang ?
 Jawaban dari pertanyaan di atas adalah ombak yang ada di lautan. Ombak di lautan dapat kita ubah menjadi energi listrik yang tidak ada habisnya karena ombak tidak akan pernah habis. Kita tengok pesisir pantai Indonesia kita, kita memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Norwegia. Intensitas ombak di Indonesia pun sangat tinggi karena kita berada di antara dua samudra, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Energi Ombak yang merupakan salah satu yang masih bisa dibilang terbaru yang sangat penting yang merupakan bagian dari total spektrum dari listrik bertenaga air, sebagai sumber energi pembangkit listrik yang memiliki potensial yang cukup bahkan sangat besar – bahkan hingga 3 Terawatt pertahun dari kekuatan gelombang, dan 0,8 Terawatt dari aliran Tidal , menurut studi yang dilakukan oleh MIT pada tahun 2005 . selain itu ,energi gelombang termasuk cukup murah dengan potensial lebih besar bila dibandingkan dengan energi terbarukan lainnya seperti angin, menurut sebuah lembaga yang bernama Electric Power Research Institute (EPRI) bila energi ini dikembangkan lebih lanjut, bisa jadi ini akan jauh lebih maju dari pada sekarang. Kenapa kita tidak memanfaatkannya ?
  • Bagaimana dengan teknologinya ?
Secara umum, potensi energi gelombang laut dapat menghasilkan listrik dapat dibagi menjadi tiga tipe potensi energi yaitu energi pasang surut (tidal power), energi gelombang laut (wave energy), dan energi panas laut (ocean thermal energy). Energi pasang surut merupakan energi yang dihasilkan dari pergerakan air laut akibat perbedaan pasang surut. Energi gelombang laut adalah energi yang dihasilkan dari per­gerakan gelombang laut menuju daratan dan sebaliknya. Sedangkan energi pa­nas laut memanfaatkan per­be­daan temperatur air laut di permukaan dan di kedalaman. (wikipedia, id)
 
Sudah banyak model yang dikembangkan misalnya biowave yang dikembangkan Australia seperti gambar disamping yang memanfaatkan gelombang samudera dan dikonversi menjadi energi listrik dan masih banyak model yang lainnya.



  • Implikasinya dalam kehidupan ?
Dampaknya bagi kehidupan adalah tidak ada limbah yang merusak lingkungan seperti limbah nuklir dan sebagainya. Dengan digunakannya teknologi yang menghasilkan listrik secara lebih efisien maka cost untuk menggunakan listrik juga menurun dan yang kita ketahui proyek pemerintah kita yaitu Mobil Listrik Nasional jika diimbangi dengan penghasilan energi listrik yang efisien dan efektif maka bisa kita lihat Indonesia memiliki masa depan energi yang cemerlang dengan penggunaan energi minyak dan gas yang semakin berkurang dan menggunakan energi yang efektif dan efisien serta ramah lingkungan, bukan hanya Indonesia dengan masa depan energi yang cemerlang namun juga Indonesia dengan masa depan energi yang bersahabat dengan alam kita. Saya sebagai mahasiswa hanya bisa berperan memberikan masukan-masukan seperti ini dan menggunakan listrik seefisien dan seefektif mungkin dan menggalangkan Bike to School dan Bike to Work yang bermanfaat bagi efisiensi penggunaan bahan bakar minyak dan gas serta memberitahukan kepada masyarakat sekitar alangkah pentingnya penggunaan energi secara efektif dan efisien.

     Sekian dari saya, jika ada kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Hijaukan Indonesia dengan Energi dari Alam.

Wasalamualaikum wr wb

Oleh : Eko Tri Prastyo




20 comments:

Unknown mengatakan...

salam kenal
kripik usus

Unknown mengatakan...

temen bisa kunjungi kami
artikel yang bagus gan buat referensi menarik

Putro mengatakan...

Yes, lingkungan dan tradisi indonesia harus terus kita jaga dan lestarikan. Karena itu yang menjadi kebanggaan kita bersama di mata dunia.

Putro mengatakan...

Anyway,selama melakukan traveling. Baiknya kita senantiasa mengantisipasi masalah yang mungkin saja terjadi. Salah satu caranya dengan membeli asuransi perjalanan yang bagus

Putro mengatakan...

Dengan melakukan perjalanan nasional, itu sama halnya dengan cinta negara. Apapun hal yang ngara minta seharusnya kita wajib membela, termasuk rencana perubahan trisakti sebagai univ swasta jadi negeri. Harusnya para petinggi trisakti bangga dengan itu bukan malah membuat kasus sengketa trisakti

khazzanahpusat mengatakan...

Artikel yang bagus nih tentang Indonesia. Memang di era modern ini orang-orang sudah sulit memikirkan kemajuan negeri Indonesia. Dalam penggunaan gas dan minyak saja adalah hal yang terkecil masih banyak digunakan karena bisa dibeli dimana-mana dan sangat mudah dicari. Jadi lebih mudah memakai yang sudah ada. Terimakasih postingannya..

umroh Januari
umroh Februari
umroh Maret
umroh April
Biaya Umroh
Umroh Plus Turki

gina ulfa mengatakan...

Pantangan Makanan Maag Kronis

sena nabila mengatakan...

12 Kebiasaan Buruk Penyebab Diabetes

sena nabila mengatakan...

nice blog
10 Gejala Diabetes Melitus

sena nabila mengatakan...

Terimakasih infonya sangat bermanfaat sekali
Cara Mengobati Penyakit Lupus

gina ulfa mengatakan...

Cara Mencegah Hepatitis B

gina ulfa mengatakan...

Cara Penularan Hepatitis B

gina ulfa mengatakan...

Obat Herbal Kolesterol Tinggi

sena nabila mengatakan...

nice blog
Agen Qnc Jelly Gamat Kota Bogor

Unknown mengatakan...

siiiipppp

harga jasa desain rumah
jasa arsitek
jasa desain rumah
jasa gambar rumah

gina ulfa mengatakan...

bismillahi
Obat Tipes Paling Manjur
Obat Tipes Paling Manjur
Obat Tipes Paling Manjur
Obat Tipes Paling Manjur
Obat Tipes Paling Manjur

Agen Obat Herbal Walatra mengatakan...

bismillahi, sukses terus gan^^
Obat Benjolan Tanpa Operasi
Obat Benjolan Tanpa Operasi
Obat Benjolan Tanpa Operasi
Obat Benjolan Tanpa Operasi

Agen Obat Herbal Walatra mengatakan...

bismillahi
Obat Tipes Paling Manjur
Obat Tipes Paling Manjur
Obat Tipes Paling Manjur
Obat Tipes Paling Manjur
Obat Tipes Paling Manjur

Agen Obat Herbal Walatra mengatakan...

bismillahi
Qnc Jelly Gamat

Anonim mengatakan...

Mantap gan Artikel y sangat bermanfaat jangan lupa kunjungi Website Nonton Bokep Paling Update. Do not forget to visit my recommendation site yah .. thanks.

Abg17 ? Clik HERE
Video Bokep Indo ? Clik HERE
Video Bokep ? Clik HERE

Zbokep ? Clik HERE
Bokep Indo ? Clik HERE
Bokep Mesum ? Clik HERE

Parascantik ? Clik HERE
Video Porno ? Clik HERE
Bokep Terbaru ? Clik HERE

Tanteimut ? Clik HERE
Bokep Indonesia ? Clik HERE
Bokep Mp4 ? Clik HERE

TIKUNG ? Clik HERE
Video Bokep ? Clik HERE
Video Dewasa ? Clik HERE

Posting Komentar

salam blogger : )

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Pemberitahuan !

Semua video yang ada di dalam blog ini saya ambil dari youtube, saya hanya membagikan kepada anda video yang bisa membuat anda termotivasi dan lebih mudah mendapatkan video motivasi.

by : Eko Tri Prastyo
    SMAN 1 Madiun | Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM'12 | @triprastyoeko | eko tri prastyo


Recent Comments